Thursday 3 November 2022

Empat Ayat Motivasi Kehidupan



1. Manusia senantiasa dalam nikmat sampai dia bermaksiat kepada Allah. 

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.
(Ar-Ra'd Ayat 11)
Syaikh Wahbah Az Zuhaili ketika menjelaskan ayat ini dalam tafsir wajis menjelaskan bahwa," Bagi setiap manusia itu ada malaikat-malaikat yang mengikutinya untuk menjaga dan memeliharanya. Mereka adalah para malaikat penjaga yang menjaga manusia dengan perintah dan pertolongan Allah, bukan untuk menolak perintahNya. Dan jika berlaku suatu takdir, maka mereka akan berlepas darinya. Mereka menghitung amal perbuatannya yang baik dan buruk. Sesungguhnya Allah tidak mengubah nikmat atau kesehatan suatu kaum, sampai mereka mengubah ketaatan dan kebaikannya sendiri menjadi kemaksiatan dan keburukan. Jika Allah menghendaki suatu azab dan kehancuran bagi suatu kaum, maka itu tidak akan bisa ditolak. Dan tidak ada bagi mereka selain Allah seorang penolong yang membantu urusan mereka, yang membimbing mereka menuju kebaikan dan melindungi mereka dari keburukan."
Jadi dapat kita simpulkan cara manusia menjaga kenikmatan yang Allah berikan dengan tetap berada dalam ketaqwaan kepada Nya. Namun jika seseorang berbuat dzalim dan aniaya maka hal ini akan merubah nikmat Allah menjadi kesengsaraan. 

2. Ada kebaikan dibalik yang tidak kita sukai

وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
(Al-Baqarah Ayat 216)

كُرْهٌ (benci)
Makna (الكره) adalah kesulitan yang dibenci oleh jiwa, dan jihad adalah termasuk hal yang dibenci karena terdapat didalamnya mengeluarkan harta benda, meninggalkan keluarga dan negeri, dan kemungkinan kehilangan nyawa.

وَعَسَىٰ أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia sangat baik bagi kamu”

Meskipun tidak disukai namun peperangan itu membawa kemenangan dan keberuntungan atas musuh, penguasaan atas negri, harta benda, wanita dan anak-anak mereka.
Bagi kaum mukminin kematian dalam jihad di sabilillah memiliki keutamaan yang besar pula. Jadi walaupun tidak disukai, peperangan terdapat manfaat didalamnya. 

وَعَسَىٰ أَن تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ

“Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia sangat buruk bagi kamu”

Dapat kita pahami pengertian ayat ini bersifat umum dalam segala hal. Bisa saja seseorang menyukai sesuatu, padahal sesuatu tersebut tidak mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan baginya. 
Diantaranya adalah penolakan ikut berperang yang akan berakibat jatuhnya negri dan pemerintahan ke tangan musuh.

Kemudian Allah berfirman :

وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

Hal ini berarti bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala lebih mengetahui akibat segala sesuatu dan Dia memberitahukan bahwa dalam peperangan itu terdapat kebaikan bagi kalian di dunia maupun di akhirat. Karena itu, sambut dan bersegeralah memenuhi perintah-Nya agar kita mendapat petunjuk.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa kebaikan adalah mengikuti perintahnya sedangkan keburukan selalu ada dalam kemaksiatan kepada Nya. 

3. Anda pasti sanggup

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.
(Al-Baqarah 286)

 لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ 
(Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya )
Makna (التكليف) adalah urusan yang didalamnya terdapat kesukaran, beban dan pengurasan tenaga.
Meskipun  seseorang ditimpakan kesukaran, namun kesukaran itu pasti mampu dilalui olehnya. Allah mengetahui kadar kampuan setiap hambanya. 

Syaikh Wahbah Az Suhaili menerangkan, "Allah tidak akan membebani seseorang kecuali sesuai kemampuannya. Baginya itu pahala atas perbuatan baik yang dia usahakan, baginya pula dosa atas perbuatan buruk yang dia usahakan."

4. Setelah kesulitan ada kemudahan

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

(Al-Insyirah Ayat 5-6)

Dalam ayat ini, Allah mengungkapkan bahwa sesungguhnya di dalam setiap kesempitan, terdapat kelapangan, dan di dalam setiap kekurangan sarana untuk mencapai suatu keinginan, terdapat pula jalan keluar. Namun demikian, dalam usaha untuk meraih sesuatu itu harus tetap berpegang pada kesabaran dan tawakal kepada Allah.

Ini adalah sifat Nabi shalallahubalaihi wa sallam, baik sebelum beliau diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya, ketika beliau terdesak menghadapi tantangan kaumnya. Walaupun demikian, beliau tidak pernah gelisah dan tidak pula mengubah tujuan, tetapi beliau bersabar menghadapi kejahatan kaumnya dan terus menjalankan dakwah sambil berserah diri dengan tawakal kepada Allah dan mengharap pahala daripada-Nya.

Wallahu a'lam

Temanggung, 4 November 2022

Ta'Rouf Yusuf

No comments:

Post a Comment

Penentuan Awal Ramadahan

Assalamu'alaikum ijin bertanya ketika memasuki bulan Ramadhan seringkali terjadi perbedaan penentuan Awal Ramadhan. Bagaiman...