Monday 5 December 2022

Ketika Lupa Rukun dalam Sholat

Dalam kasus ini, seseorang lupa mengerjakan salah satu rukun shalat, dalam hal ini bacaan al fatihah. Maka ia tidak perlu membatalkan shalatnya, tapi ia harus kembali berdiri dan membaca al fatihah yang ditinggalkan tadi dan mengulang rukun-rukun berikutnya. 

Jika teringat ketika mengerjakan rukun yang sama dengan rukun yang ditinggalkan, atau setelahnya, maka rukun-rukun yang ada di antara keduanya dianggap sia-sia atau tidak terhitung. Misalnya, seseorang lupa mengerjakan membaca al fatihah di rakaat pertama. Lalu, ia baru teringat ketika sedang membaca al fatihah di rakaat kedua, maka i’tidal, sujud, dan duduk di rakaat yang pertama tadi dianggap tidak ada. Dengan demikian, ia baru terhitung satu rakaat dan tidak diperbolehkan melakukan tahiyat awal.

Meski demikian, ia tetap harus meneruskan shalatnya seperti biasa dengan status rakaat keduanya ada di rakaat ketiga, karena rakaat yang sedang ia jalani dihitung sebagai rakaat pertama shalatnya. Dengan demikian, kalau ia, misalnya, shalat Zuhur, Asar, dan Isya, maka ia shalatnya lima rakaat.  Praktiknya ia melakukan shalat lima rakaat, tapi hitungannya yang sah tetap empat rakaat, karena ada satu rakaat yang kurang rukunnya (lupa al fatihah di rakaat pertama).

Di akhir shalat, sebelum salam, (ada pula yang berpendapat setelah salam) ia disunnahkan melakukan sujud sahwi (sujud yang dilakukan oleh orang yang shalat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi di dalam shalatnya karena lupa) sebanyak dua kali sujud. Jika lupa tidak mengerjakan sujud sahwi, maka shalat berjalan dengan sah, karena sujud sahwi hukumnya sunnah.


2. Ketika teringat setelah selesai sholat 

Dalam suatu riwayat dari Abu Hurairah di ceritakan

ุตَู„َّู‰ ุจِู†َุง ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุญْุฏَู‰ ุตَู„َุงุชَูŠْ ุงู„ْุนَุดِูŠِّ ุฅِู…َّุง ุงู„ุธُّู‡ْุฑَ ูˆَุฅِู…َّุง ุงู„ْุนَุตْุฑَ ูَุณَู„َّู…َ ูِูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุซُู…َّ ุฃَุชَู‰ ุฌِุฐْุนًุง ูِูŠ ู‚ِุจْู„َุฉِ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ูَุงุณْุชَู†َุฏَ ุฅِู„َูŠْู‡َุง ู…ُุบْุถَุจًุง ูˆَูِูŠ ุงู„ْู‚َูˆْู…ِ ุฃَุจُูˆ ุจَูƒْุฑٍ ูˆَุนُู…َุฑَ ูَู‡َุงุจَุง ุฃَู†ْ ูŠَุชَูƒَู„َّู…َุง ูˆَุฎَุฑَุฌَ ุณَุฑَุนَุงู†ُ ุงู„ู†َّุงุณِ ู‚ُุตِุฑَุชْ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ ูَู‚َุงู…َ ุฐُูˆ ุงู„ْูŠَุฏَูŠْู†ِ ูَู‚َุงู„َ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَู‚ُุตِุฑَุชْ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ ุฃَู…ْ ู†َุณِูŠุชَ ูَู†َุธَุฑَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَู…ِูŠู†ًุง ูˆَุดِู…َุงู„ًุง ูَู‚َุงู„َ ู…َุง ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฐُูˆ ุงู„ْูŠَุฏَูŠْู†ِ ู‚َุงู„ُูˆุง ุตَุฏَู‚َ ู„َู…ْ ุชُุตَู„ِّ ุฅِู„َّุง ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ูَุตَู„َّู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุซُู…َّ ูƒَุจَّุฑَ ุซُู…َّ ุณَุฌَุฏَ ุซُู…َّ ูƒَุจَّุฑَ ูَุฑَูَุนَ ุซُู…َّ ูƒَุจَّุฑَ ูˆَุณَุฌَุฏَ ุซُู…َّ ูƒَุจَّุฑَ ูˆَุฑَูَุนَ

“Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam mengimami kami sholat pada salah satu dari dua sholat petang, mungkin sholat Zhuhur atau Ashar.

Namun pada rakaat kedua, beliau sudah mengucapkan salam. Kemudian beliau pergi ke sebatang pohon kurma di arah kiblat masjid, lalu beliau bersandar ke pohon tersebut dalam keadaan marah.

Di antara jamaah terdapat Abu Bakar dan Umar, namun keduanya takut berbicara. Orang-orang yang suka cepat-cepat telah keluar sambil berujar, “Sholat telah diqoshor (dipendekkan).”

Sekonyong-konyong Dzul Yadain berdiri seraya berkata, “Wahai Rasulullah, apakah sholat dipendekkan ataukah anda lupa?”

Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam menengok ke kanan dan ke kiri, lalu bersabda, “Betulkah apa yang dikatakan oleh Dzul Yadain tadi?”

Jawab mereka, “Betul, wahai Rasulullah. Engkau sholat hanya dua rakaat.”

Lalu beliau sholat dua rakaat lagi, lalu memberi salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi, lalu beliau bangkit.

Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit.” (Hadits Riwayat Bukhari No. 1229, dan Muslim No.573).

Di jelaskan dalam kitab Hilyatul Ulama fi Ma’rifatil Madzahibil Fuqaha 

ูˆุฅู† ู†ุณูŠ ุฑูƒุนุฉ ู…ู† ุฑูƒุนุงุช ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุฐูƒุฑู‡ุง ุจุนุฏ ุงู„ุณู„ุงู… ูุฅู† ู„ู… ูŠุชุทุงูˆู„ ุงู„ูุตู„ ุฃุชู‰ ุจู‡ุง ูˆุจู†ู‰ ุนู„ู‰ ุตู„ุงุชู‡ ูˆุฅู† ุชุทุงูˆู„ ุงู„ูุตู„ ุงุณุชุฃู†ูู‡ุง ูˆููŠ ุญุฏ ุงู„ุชุทุงูˆู„ ุฃูˆุฌู‡ ุฃุญุฏู‡ุง ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุฅุณุญุงู‚ ุฅู† ู…ุถู‰ ู‚ุฏุฑ ุฑูƒุนุฉ ูู‡ูˆ ุชุทุงูˆู„ ูˆู‚ุฏ ู†ุต ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุงู„ุจูˆูŠุทูŠ ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ ุฃู†ู‡ ูŠุฑุฌุน ููŠู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ุนุฑู ูˆุงู„ุนุงุฏุฉ ูุฅู† ู…ุถู‰ ู…ุง ูŠุนุฏ ุชุทุงูˆู„ุง ุงุณุชุฃู†ู ูˆุฅู† ู…ุถู‰ ู…ุง ู„ุงูŠุนุฏ ุชุทุงูˆู„ุง ุจู†ู‰ ูˆุงู„ุซุงู„ุซ ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุนู„ูŠ ุจู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฅู† ู…ุถู‰ ู‚ุฏุฑ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชู‰ ู†ุณูŠ ููŠู‡ุง ุงุณุชุฃู†ู ูˆุฅู† ูƒุงู† ุฏูˆู† ุฐู„ูƒ ุจู†ู‰ 

Jika lupa sebagian raka’at shalat dan baru ingat setelah salam, kita boleh menambahkan rakaat yang dilupakan secara langsung bila selang waktunya tidak terlalu lama. Apabila jeda keduanya terlalu lama, kita wajib mengulang shalat secara keseluruhan. Ulama berbeda pendapat perihal seberapa lama selang waktunya. Menurut Abu Ishaq, jeda keduanya hanya kisaran durasi satu rakaat. Jika jedanya kurang dari durasi satu rakaat, dia boleh menambahkan bilangan rakaat yang terlupakan. Tetapi bila melebihi kadar satu rakaat shalat, ia diwajibkan mengulang shalat. Pendapat ini merupakan pandangan Imam asy-Syafi’i sebagaimana dikutip al-Buwaiti. Pendapat kedua mengatakan, takaran jeda keduanya didasarkan pada kebiasaan atau tradisi masyarkat setempat. Bila menurut kebiasaan masyarakat, durasi jeda sudah terlalu lama, ia harus mengulang shalat. Tetapi jika durasi jedanya sebentar, ia hanya diwajibkan menambah raka‘at yang dilupakan. Sementara menurut pendapat ketiga sebagaimana dikatakan Abu ‘Ali Ibnu Abu Hurairah, durasi jeda antara lupa dan menyempurnakan kekurangan raka’at diukur berdasarkan ukuran lamanya rakaat shalat yang dilupakan. Apabila jedanya kelewat lama, ia mesti mengulang dari awal. Kalau hanya sebentar, ia cukup menyempurnakan kekurangan raka’at yang terlupa. Praktisnya, apabila kita mengerjakan shalat dzuhur, kemudian setelah salam baru ingat bahwa ada beberapa rakaat yang terlupa, kita diperbolehkan untuk langsung berdiri menyempurnakan rakaat yang tertinggal. Namun jika selang waktunya terlalu lama, kita diwajibkan untuk mengulang shalat dzuhur dari awal sebanyak empat rakaat. Terkait berapa lama selang waktunya, para ulama berbeda pendapat sebagaimana yang disebutkan di atas.

Dari beberapa penjelasan di atas maka dapat kita simpulkan jika seseorang lupa salah satu rukun maka dapat kita qiyas kan lupa satu rakaat dalam sholat, dan jika waktunya masih dekat maka bisa dilakukan sebagaimana hadits Abu Hurairah di atas. jika waktunya sudah lama maka menurut penjelasan dalam kitab Hilyatul Ulama fi Ma’rifatil Madzahibil Fuqaha di atas, maka diwajibkan mengulang sholat. 

Kemungkinan pendapat inilah yang di ambil pimpinan pondok tersebut, dan mengulang sholat shubuh nya ketika ingat. Sebagaimana  hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ุฅِุฐَุง ุฑَู‚َุฏَ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุนَู†ِ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ ุฃَูˆْ ุบَูَู„َ ุนَู†ْู‡َุง ูَู„ْูŠُุตَู„ِّู‡َุง ุฅِุฐَุง ุฐَูƒَุฑَู‡َุง ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฃَู‚ِู…ِ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉَ ู„ِุฐِูƒْุฑِู‰

Jika salah seorang di antara kalian tertidur dari shalat atau ia lupa dari shalat, maka hendaklah ia shalat ketiak ia ingat. Karena Allah berfirman (yang artinya): Kerjakanlah shalat ketika ingat.” (QS. Thaha: 14) (HR. Muslim, no. 684)

Wallahu a'lam bi shawab

Temanggung, 5 Desember 2022

Ta' Rouf Yusuf


Ketaatan Kepada Guru

Pertanyaan :
Bismillah... 
Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh... 

Afwan ustadz mohon maaf sebelumnya atas segala salah dan dosa... ๐Ÿ™

Ana takut punya salah pada antum... 

Ana izin bertanya ustadz... 

Bagaimana cara agar selalu ber HUSNUDZON pda guru" kita... 

Agar tetap kita patuh pada perintahnya ... 
Sekalipun serasa agak berat... 

Taslim ini ko berat ustadz... ๐Ÿ™๐Ÿ™

Dan bukannya tidak yakin... 

Tapi yang ingin ana tanyakan... 
Cara menumbuhkan keyakinan kita pada guru... 

Afwan apa memang dibutuhkan dalam penumbuhan keyakinan ini... 


Agar kita tetap setia bersamanya... 
Diaku murid dunia akhirat... 

Dan agar bisa memperoleh futuh... Apa saja syarat atau caranya ustadz... ๐Ÿ™

Bagaimana cara menjadi murid yg baik ustadz... 

Baarokallohu fiikum๐Ÿคฒ๐Ÿป๐Ÿคฒ๐Ÿป

Maaf jika tidak sopan malam"... Afwan๐Ÿ™๐Ÿ™

+62 877-7294-****

Jawab :
Di kitab Tazkiyatun Nafs di bab awal sudah di bahas adab adab secara umum seorang murid kepada guru. Atau antum juga bisa membaca kitab adabul alim wal muta'alim karya hadratussyaikh Hasyim Asyari. Atau tadzkiratis Sami wal mutakalim. 

Berkaitan dengan adab yang antum ingin tanyakan, sebelumnya ana akan membenyampaikan beberapa hal. 
1. Bahwa seorang guru adalah manusia biasa yang kadang memiliki khilaf maupun kesalahan. Maka ketaatan kita berbatas, dalam perintah kemaksiatan kepada Allah maka kita di larang mematuhinya. 

ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ุทَّุงุนَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ

“Sesungguhnya ketaatan itu hanya dalam perkara yang ma’ruf”

Maka taat kepada manusia (selain Rasulullah) tidak bersifat mutlak dalam segala perkara dan setiap keadaan. Ketaatan yang mutlak hanya kepada Allah dan Rasul-Nya. Ketaatan kepada orang lain hanya dalam perkara yang ma’ruf. Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

ู„َุง ุทَุงุนَุฉَ ูِูŠ ู…َุนْุตِูŠَุฉٍ ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ุทَّุงุนَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ

“Tidak ada ketaatan di dalam maksiat, taat itu hanya dalam perkara yang ma’ruf” (HR Bukhari, no. 7257; Muslim, no. 1840).

Dalam hal ini pula kita harus menutup aib guru kita Rasulullah ๏ทบ pernah bersabda:

ู…َู†ْ ุณَุชَุฑَ ู…ُุณْู„ِู…ًุง ุณَุชَุฑَู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ

Siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat (HR. Muslim no. 2580).

b. Boleh berbeda pendapat dengan guru namun harus tetap menjaga kehormatan guru, sebagaimana imam syafi'i banyak berbeda pendapat dengan imam Malik atau imam Ahmad yang banyak berbeda pendapat juga kepada imam syafi'i. Namun kita tetap harus menjaga kehormatan guru dengan tetap menjaga adab seorang murid. 

3. Berusaha untuk memenuhi perintah guru semaksimal mungkin. 

4. Bersegera memenuhi perintah guru. 

5. Mencari keridhoan hati guru dengan memperlakukan hal-hal yang mulia kepada guru.

Penentuan Awal Ramadahan

Assalamu'alaikum ijin bertanya ketika memasuki bulan Ramadhan seringkali terjadi perbedaan penentuan Awal Ramadhan. Bagaiman...