Wednesday 23 April 2014

10 Karakter Muslim :




 1. SALIMUL AQIDAH  ( Selamat keyakinannya )
فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلا صَالِحًا وَلا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا
“Maka barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya hendaklah dia beramal shalih dan tidak mempersekutukan sesuatu apapun dengan-Nya dalam beribadah kepada-Nya.” (QS. Al Kahfi: 110)
Allah ta’ala juga berfirman,
وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
“Sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada orang-orang sebelummu: Sungguh, apabila kamu berbuat syirik pasti akan terhapus seluruh amalmu dan kamu benar-benar akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS. Az Zumar: 65)
 2. SHAHIHUL ’IBADAH ( Benar tatacara ibadahnya )
إِنَّ اللَّهَ لاَ يَقْبَلُ مِنَ الْعَمَلَ إِلاَّ مَا كَانَ لَهُ خَالِصًا وَابْتُغِيَ بِهِ وَجْهُهُ

Sesungguhnya Allah tidak akan menerima dari semua jenis amalan kecuali yang murni untukNya dan untuk mencari wajahNya. [HR Nasaa-i, no. 3140].

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kamu (umat Islam, yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (pahala) hari Kiamat, dan dia banyak menyebut Allah. [al Ahzab/33 : 21].


مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa membuat perkara baru di dalam urusan kami ini (agama), apa-apa yang bukan padanya, maka urusan itu tertolak. [HR Bukhari no. 2697, Muslim no. 1718]

3. MATINUL KHULUQ ( Kokoh akhlaknya )
اكمل المؤ منين ايمانا احسنهم خلقا
Artinya : “ Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya”

4. QADIRUN ‘ALAL KASBI ( Mampu berusaha sendiri )
عن أبي عبد الله الزبير بن العوام رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لأن يأخذ أحدكم أحبله ثم يأتي الجبل، فيأتي بحزمةٍ من حطبٍ على ظهره فيبيعها، فيكف الله بها وجهه، خيرٌ له من أن يسأل الناس، أعطوه أو منعوه. رواه البخاري.
Artinya “ Dari Abu Abdillah yaitu az-Zubair bin al-Awwam r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Niscayalah jikalau seseorang dari engkau semua itu mengambil tali-talinya – untuk mengikat – lalu ia datang di gunung, kemudian ia datang kembali – di negerinya – dengan membawa sebongkokan kayu bakar di atas punggungnya, lalu menjualnya,kemudian dengan cara sedemikian itu Allah menahan wajahnya – yakni dicukupi kebutuhannya, maka hal yang semacam itu adalah lebih baik baginya daripada meminta-minta sesuatu pada orang-orang, baik mereka itu suka memberinya atau menolaknya.” (Riwayat Bukhari)

5. MUTSAQAFUL_FIKRI ( Pemikirannya luas dan berwawasan )
يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ [٢:٢٦٩]
“Allah menganugerahkan al-hikmah (kepemahaman yang dalam tentang Al-Qur'an dan as-Sunnah) kepada siapa yang dikehendakinya. Barang siapa yang dianugerahi al-hikmah itu ia benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Hanya orang-orang yang berakallah (ulul albab) yang dapat mengambil pelajaran dari firman Allah.” (Q.S. Al-Baqarah :269)

6. QAWIYUL JISMI ( Kuat fisiknya )
حَدِثُنَا أَبُوْ بَكْرِ الطَلَحِي , حَدِثُنَا أَحْمَد ابن حَمَاد بن سُفْيَان , حَدِثُنَا عَمْرُو بن عثمان الحمصىي , حدثنا ابن عياش , عن سليم بن عمرو الأنصاري , عن عم أبيه , عن بكر بن عبد الله بن ربيع الأنصاري , قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : " علموا أبناءكم السباحة و الرماية , و نعم لهو المؤمنة في بيتها المغزل , و إذا دعاك أبواك فأجب أمك "                    
Artinya :
Menceritakan kepada kami Abu Bakar Atthalahi dari Ahmad bin Hamad bin Sofyan , dari amru bin usman alhimsi dari ibnu i’yasy dari sulaiman bin amru al-anshari dari paman ayahnya dari Bakar bin Abdillah bin Rabi’ al-anshari berkata :berkata Rasulullah SAW. “ajarilah anak anakmu berenang dan melempar lembing, termasuk juga perempuan perempuan di rumahnya menenun, dan apabila kedua orangtuamu memanggil maka utamakan ibumu. (HR. Ath-Thahawi)

7. MUJAHIDUN LINAFSIHI (Selalu menjaga hawa nafsunya )
لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يَكُونَ هَوَاهُ تَبَعًا لِمَا جِئْتُ بِهِ
Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sampai hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa.”  (HR al-Hakim, al-Khathib, Ibn Abi ‘Ashim dan al-Hasan bin Sufyan).

8. MUNAZHAM FI SYU’UNIHI ( Teratur semua urusannya )
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# öÝàZtFø9ur Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% 7tóÏ9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# 7ŽÎ7yz $yJÎ tbqè=yJ÷ès? ÇÊÑÈ  
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Hasyr : 18)

9. HARITSUN ‘ALA WAQTIHI ( Selalu menjaga waktunya / disiplin )
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ
” Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal ” (Qs Ali Imran : 190)

10. NAFIUN LIGHAIRIHI ( Bermanfaat bagi orang lain )
عن ابن عمر ، أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فقال : يا رسول الله أي الناس أحب إلى الله ؟ وأي الأعمال أحب إلى الله عز وجل ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « أحب الناس إلى الله أنفعهم للناس ، وأحب الأعمال إلى الله سرور تدخله على مسلم ، أو تكشف عنه كربة ، أو تقضي عنه دينا ، أو تطرد عنه جوعا ، ولأن أمشي مع أخ لي في حاجة أحب إلي من أن أعتكف في هذا المسجد ، يعني مسجد المدينة ، شهرا ، ومن كف غضبه ستر الله عورته ، ومن كظم غيظه ، ولو شاء أن يمضيه أمضاه ، ملأ الله عز وجل قلبه أمنا يوم القيامة ، ومن مشى مع أخيه في حاجة حتى أثبتها له أثبت الله عز وجل قدمه على الصراط يوم تزل فيه الأقدام »
Dari Ibnu Umar bahwa seorang lelaki mendatangi Nabi saw dan berkata,”Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling diicintai Allah ? dan amal apakah yang paling dicintai Allah swt?” Rasulullah saw menjawab,”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang saudaraku untuk (menuaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada hari tidak bergemingnya kaki-kaki (hari perhitungan).” (HR. Thabrani)


Tuesday 25 February 2014

SIFAT-SIFAT ORANG MUNAFIK


SIFAT-SIFAT ORANG MUNAFIK
Dr. Ahzami Samiun Jazuli, MA

الحمد لله رب العالمين، وصلاته وسلامه على سيد المرسلين وخاتم النبيين
سيدنا محمد النبي الأمي وعلى آله وصحبه أجمعين
Bismillahirrhmanirrahim.
Bapak-bapak dan Ibu-ibu dan Saudara sekalian, yang seiman dan seakidah, yang saya cintai karena Allah SWT. Seorang muslim yang jujur dan faham dalam keimanan dan keislamannya, dia pasti menyadari bahwa hidup ini adalah ma’rakah (pertarungan, pejuangan). Yaitu, perjuangan untuk mempertahankan keimanan kita. Karena dengan keimanan itulah, kita akan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. Sehingga, kita dianggap sukses oleh Allah SWT, ketika senantiasa dalam keadaan Islam. Makanya Allah berpesan, dan pesan ini sering diulang-ulang oleh khatib ketika shalat jum’at:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam (Ali ‘Imran: 102)
Tetapi, dalam kenyataannya tidak semua orang yang mengaku beragama Islam, mati dalam keadaan Islam. Tidak sedikit yang beragama Islam secara dzahir (lahir), tetapi dia mati justru ketika berbuat maksiat, mati ketika dia minum narkoba, over dosis, na’udzubillah, atau mati ketika berbuat zina, dan dia katanya beragama Islam. Atau mati ketika bertengkar dengan sesama muslim, dan katanya juga beragama Islam. Inilah realitas yang ada, meskipun semoga tidak banyak.
Pengertian Nifaq
Apa yang menjadikan seseorang itu imannya terancam, imannya tidak benar, dan imannya rusak? Ternyata, ada sekian banyak virus (penyakit) yang dapat merusak keimanan seseorang. Dan virus yang paling dahsyat diantara yang dahsyat adalah annifaaq. Orangnya (pelakunya) disebut munafiq. Secara bahasa, nifaq itu diambil dari kata an-naafiqaa. Nafiqa adalah seekor binatang yang ada di padang pasir. Dia masuk kedalam tanah dari satu lobang, dan keluar dari lobang yang lain. Orang Indonesia, menyebutnya “bunglon”, yaitu makhluk yang punya 2 (dua) wajah. Ketika berada di masjid, kelihatan jelas keislamannya. Tetapi didalam kegiatan yang lain (di luar masjid),misalnya didalam kehidupan ekonomi, budaya, dan kehidupan politiknya, ternyata memakai program (sistem) yang lain, bukan program Islam.Dalam istilah agama, yang disebut nifaq atau munafiq adalah “sesorang yang (yuth hirul islam, wa yubtinu al-kufra) memperlihatkan ke-Islam-annya (dia shalat,sedekah, haji dan juga umrah), tetapi ternyata dia menyembunyikan kekufuran.”Sehingga, keislamannya hanya untuk pergaulan di masyarakat, tetapi hatinya sangatmembenci Islam, dan di hatinya menyembunyikan kekafiran.
Bahaya Nifak
Pertama, untuk konteks dunia, nifaq atau munafiq itu merusak Islam. Dimana letak merusaknya terhadap Islam? Karena dia mengaku beragama Islam—dan ini diketahui oleh dunia, baik oleh orang yang beriman atau pun oleh orang kafir. Tetapi perbuatannya bertentangan dengan ajaran Islam. Sehingga yang terjadi adalah “merusak Islam.” Karena seperti kita ketahui, bahwa “orang munafik itu, kalau berbicara suka bohong, kalau berjanji tidak ditepati dan kalau diberikan amanat , dia berkhiyanat.
Ada enggak orang Islam yang seperti ini? (banyak...) Coba, seandainya ada sesorang yang (mulai) tertarik pada Islam (misalnya dia masih kafir), kemudian dia melihat orang Islam yang seperti itu—seorang yang sifat nifaq. Dia mungkin akan berkata, “ngapain saya masuk Islam? tuh lihat, orang Islamkan seperti itu, nggak ada bedanya dengan yang bukan orang Islam. Sehingga kehadiran orang munafiq itu merusak Islam. Makanya dalam al-Quran, sangat berat murka dan kebencian Allah bagi orang yang mengatakan sesuatu, termasuk mengatakan beragama Islam, tetapi tidak berbuat.
Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.
(Ash-Shaff: 3)
Sehingga nifaq adalah zarimah ijtimaiyah, kriminal dalam kehidupan masyarakat. Karena, suatu masyarakat tidak akan aman ketika diisi oleh pembohong, pendusta, atau  pengkhiyanat. Pertanyaannya, kalau di negara ini ada penghiyanat negara, hukumannya ringan atau berat? (Berat...) Itu baru ketika negara yang dikhiyanati. Betapa beratnya kalau yang dikhiyanat itu adalah yang menciptakan negara, yaitu Allah swt. Makanya negara tidak akan aman kalau banyak orang munafiq.“Nanti kalau saya naik (menang menjadi pejabat, peny), lihat.... jalan-jalan akan diaspal semua, sekolah diberikan secara gratis, para intelektual mendapat tunjangan sebesar 5 ratus ribu, guru ngaji yang tidak dapat gaji, nanti kita bayar 500 ribu.” Setelah jadi (naik jadi pejabat, peny.) ternyata tidak ada. Makanya, rusak lah kalau sudah begini keadaannya, sehingga mucullah saling menghujat, dan saling mendemo.
Kedua, bahaya nifak adalah bahwa orang munafik—di akhirat nanti—itu di neraka yang paling bawah. Artinya, siksanya jauh lebih berat dari pada orang kafir. Allah berfirman:

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. (An-Nisa:145)
Kalau orang kafir, siksanya cukup di neraka saja, sedangkan munafik itu,fiddarqil asfal. Asfal artinya isim tafdhil dari kata as-sufla. Sehingga asfal, artinya bagian yang paling bawah. Berarti siksanya lebih pedih dari pada orang kafir.

Urgensi Tema An-Nifaq
Pertama, agar kita diselamatkan oleh Allah SWT dari sifat nifaq. Kenapa kita  takut terhadap sifat ini? Karena tidak ada jaminan (satu pun ayat atau hadits) yang mengatakan, misalnya “Wahai anggota jama’ah pengajian masjid al-Ittihad, kamu sudah dijamin oleh Allah, tidak termasuk orang munafiq” Ada Pak, Bu jaminan seperti itu? Berarti, kita semua tidak ada yang menjamin bahwa kita tidak munafiq.
Kedua, ternyata orang yang belajar agama, orang yang tahu dan bisa bahasa Arab dengan fasih, belum tentu selamat dari nifaq. Jadi orang yang belajar Islam, tidak bebas dari kemungkinan sifat nifaq ini. Bapak-bapak dan Ibu-ibu tahu, siapa BMI (Bapak Munafik Internasional)? Namanya Abdullah Ibn Ubay Ibn Salul, dialah ketua munafik pada zaman Nabi, dia adalah orang Madinah. Kira-kira, penguasaan bahasa Arabnya pinter mana dia dengan jama’ah masjid Al-Ittihad? (Pinteran dia....). Dia mendengarkan ceramah Rasulullah, “sering mana dia dengan kita?” Kita pernah mendengarkan ceramah Rasulullah? (Tidak pernah). Karena kita tidak hidup pada zaman Nabi, paling-paling kita membaca haditsnya. Abdullah Ibn Ubay bukan sekedar pernah, tetapi sangat sering. Karena dia tinggal di Madinah bersama Nabi.Ternyata orang yang membangun masjid sendirian pun belum tentu aman dari munafik. Ada diantara Ibu atau Bapak yang membangun masjid sendirian? Mungkin ada ya... Tetapi kebanyakan kita patungan. Abdullah Ibn Ubay membangun masjid dhirar (sendirian). Seperti disampaikan dalam al-Qur’an:
Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yang mendirikan masjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mukmin), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. (At-Taubah: 107)
Masjid dhirar merupakan tandingan terhadap masjid Nabawi. Artinya, dia (Abdullah Ibn Ubay Ibn Salul) tidak selamat dari virus nifak, bahkan menjadi BMI. Apalagi saya, yang tidak kuat membangun masjid, yang tidak bertemu Nabi, dan bahasa Arabnya cuma bisa sedikit. Berarti logikanya, kita harus lebih takut terkena virus nifak.
Ketiga, Umar Ibn Khattab ra, sebagai shabat terbaik ke-2 setelah Abu Bakar. Kita tahu bahwa Umar adalah termasuk 10 sahabat yang pasti masuk surga, tetapi ternyata  masih takut terkena virus nifak. Dia mendatangi intelejen Rasul. Artinya waktu itu Rasul juga punya intel, tetapi intelnya rasul itu untuk “menginteli” orang kafir. “Kalau intel di negara kita, ngintelin siapa Pak? Ngintelin anggota pengajian atau siapa...? Kebanyakan
intelijen di negara kita ini berpihak kepada Allah atau orang kafir?” Makanya yang banyak ditangkapin itu orang yang agamanya selalu Islam. Di zaman Rasul, intel itu untuk menginteli orang kafir agar tidak membahayakan Islam, negara dan rakyatnya. Khuzaifah (nama intel tersebut) adalah orang yang mempunyai daftar nama-nama orang munafiq. Jadi, ketika Nabi SAW meninggal, yang tahu nama-nama munafiq tersebut
adalah Khuzaifah, (tentu saja setelah Allah SWT dan Rasulllah SAW). Umar penasaran, dan takut kalau-kalau dalam daftar tersebut ada namanya. Padahal, beliau sudah dijamin masuk sorga.
Berarti kita semua harus lebih takut terkena virus nifaq dibanding Umar. Padahal orang sebaik itu, yang saking kuatnya keimanannya, jangankan orang kafir, setan dan iblis saja takut kalau ada Umar. Ternyata Umar yang seperti itu masih takut terhadap nifaq (munafiq).
Keempat, di dalam Hadits Ibn Abi Ubaikah mengatakan: “... aku temukan 30 sahabat—beliau adalah seorang tabi’in—semuanya takut terhadap nifaq.” Angka 30 pada zaman Rasul itu banyak, karena selama Rasulullah berdakwah di Makkah (kuranglebih 13 tahun), anggota pengajiannya (orang yang beriman) tidak lebih dari 100 orang, atau malah di bawah itu. Tetapi dengan keseriusan, kesungguhan perjuangan dan totalitas dakwah mereka, kemudian berkembang ke seluruh dunia, sampai di bumi Allah, Cibubur ini.

Itulah berkah perjuangan mereka, yang dilakukan dengan tidak menggunakan
tenaga sisa, waktu sisa, dan uang sisa. “Pak, pengajian sekarang ini menggunakan pengorbanan atau menggunakan waktu sisa?” Semoga merupakan pengorbanan (dan bukan menggunakan waktu sisa, peny.). Ketika dilakukan dengan pengorbanan yang betul-betul, hasilnya bisa maksimal. Tetapi, bila kita berjuang dengan modal “dari pada” hasilnya dapat sedikit. “Pak kok tumben hadir (ke pengajian), biasanya nggak kelihatan? “iya nih Ustadz, dari pada di rumah nggak ada acara.” Kalau modalnya “dari pada” dapat hasilnya sedikit. Para sahabat itu kalau ngaji, tidak “dari pada.” Itu pun mereka masih takut menjadi orang munafiq. Para sahabat, yang gurunya Rasulullah SAW saja takut terhadap munafiq, dan bahkan ketika Rasulullah masih hidup, orang munafik juga sudah banyak—bahkan sampai bisa membangun masjid. Kalau di zaman itu saja orang munafik sudah banyak. “Kira-kira logikanya, di zaman sekarang, tidak ada atau lebih banyak (orang munafik, peny.)? (Banyak...). Berarti kesungguhan kita untuk melihat diri kita masing-masing “apakah diri saya ini mukmin atau munafik” lebih diperlukan dari pada mereka (para sahabat).

Sifat-sifak Munafiq
Apa saja sifat-sifat nifak atau munafik itu? Supaya kita semuanya dijauhkan dari virus tersebut. “Betapa Allah SWT sayang kepada hambanya, kaum muslimin, agar tidak terkena virus nifak, sampai-sampai Allah SWT, ketika menjelaskan sifat-sifat manusia di dunia. Manusia di dunia sejak zaman Rasulullah sampai sekarang bahkan sampai hari kiamat itu hanya terbagi kedalam tiga kelompok.Kelompok pertama, yaitu orang yang benar-benar imanya, di dalam al-Baqarah hanya diterangkan dalam 3 ayat.Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.(Al-Baqarah: 2-4)

Golongan kedua, juga tidak ada yang baru sampai sekarang, adalah orang-orang
kafir. Orang kafir juga diterangkan oleh Allah dalam Al-Baqarah, hanya dengan 2 ayat.
Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah menguncimati hati dan pendengaran mereka], dan penglihatan mereka ditutup. dan bagi mereka siksa yang Amat berat. (QS Al-Baqarah: 6-7)

Golongan ketiga, yaitu kelompok orang munafik. Ayat yang menjelaskannya panjang sekali, dalam Al-Baqarah dijelaskan dengan 12 ayat, dari ayat 8-20, diantaranya:
Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian," pada hal mereka itu Sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.
“Kira-kira apa rahasia matematika Al-Qur’an-nya?” Pada hakikatnya wallahu a’lam, hanya Allah yang tahu.
Orang-orang beriman itu jelas (tanda-tandanya), seperti: dia beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, membayar zakat, dst. Orang kafir juga jelas. Dia tidak mengatakan sebagai “orang beriman.” Diberikan nasehat atau tidak, dia tetap kafir. Sementara, orang munafik itu tidak jelas. Disebut orang kafir, ternyata peci-nya putih, sorbannya besar (dan panjang), bahasa Arabnya lancar betul, sehingga tidak mungkin dia kafir ... Sedangkan disebut orang Islam, kok suka membikin “gemes” orang Islam, membikin bingung orang Islam. Dia lebih dekat dengan orang kafir, dia berkhiyanat kepada umat Islam, tidak senang dengan syariat Allah. Sehingga membingungkan, “apakah dia mukmin atau kafir.” Karena sesuatu itu tidak jelas, maka untuk memperjelasnya, membutuhkan penjelasan yang panjang. Bahkan sampai ada surat khusus, yaitu Al-Munafiqun. Sifat-sifat mereka (orang mnafiq) adalah:
Pertama, orang munafik itu keislamannya hanya sebatas pengakuan. Ketika kita mentadabburi (merenungkan) ayat-ayat Allah, maka orang yang pertama kali tertuduh itu bukanlah orang lain, tetapi justru diri kita sendiri. “Apakah kita ini benar-benar beriman atau tidak?”
Kedua, siapa pun dan bangsa mana pun dia, orang munafiq itu selalu menganggap remeh (melecehkan) terhadap orang Islam, menganggap hina orang Islam, menganggap tidak berpengalaman dan tidak bisa mengurus negara. Dia mengaku beragama Islam, tetapi menganggap temannya sendiri jelek.
Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman." mereka menjawab: "Akan berimankah Kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah, Sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh; tetapi mereka tidak tahu. (Al-Baqarah: 13)
Kira-kira ada tidak, yang demikian? Kalau ada pengajian atau ada Ustadz yang dalam suatu acara menyatakan Allah SWT Berfirman atau Nabi Bersabda, orang munafik berkata “hah... itu kuno, kampungan. Pengajian itu harus mengutif pendapat para pakar, para ahli. Itu baru pengajian yang ilmiah.” Orang munafiq juga menganggap ketika ada Ibu-ibu yang berjilbab, mereka itu sebagai kampungan, eksklusif, dan tidak mau bergaul.
Ketiga, beriman kepada thaghut. Thagha artiya melampaui batas. Menurut ulama tafsir, diantara makna thagha adalah syetan. Karena dia telah melampaui batas. Makna lain dari thaghut adalah as-sahir (tukang sihir), al-kahin (dukun). Karena dia menentang Allah. Yang di Indonesia diilmiahkan menjadi Paranormal. Padahal kata Nabi, “Barang siapa yang datang ke dukun dan percaya kepada ucapannya, maka dia telah kufur terhadap agama Muhammad”. Tetapi dukun di Indonesia ternyata sangat laris. Dan orang munafik itu, hobinya ke dukun.Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang diberi bahagian dari Alkitab? mereka percaya kepada jibt dan thaghut, dan mengatakan kepada orang-orang kafir (musyrik Mekah), bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari orang-orang yang beriman. Mereka Itulah orang yang dikutuki Allah. Barangsiapa yang dikutuki Allah, niscaya kamu sekali-kali tidak akan memperoleh penolong baginya. (An-Nisa: 51-52)
Jadi, diantara sifat orang munafiq adalah percaya kepada “jibti” dan “thaghut”. Akhirnya mereka itu dilaknat oleh Allah SWT. Meskipun dia orang terkenal, kaya dan juga berpangkat, kehidupannya tidak akan merasa tenang. Laknat itu artinya “diusir dari rahmat Allah”
Keempat. orang munafik itu berhukum kepada thaghut. Allah memberikan sistem kepada kaum muslimin yaitu al-Quran dan as-Sunnah. Mereka juga sebenarnya tahu. Tetapi, mereka (orang munafiq) mengatakan “ini kan bukan negara Arab atau negara Islam. Ini kan negara orang banyak, masak memakai al-Quran dan as-Sunnah.Mendingan menggunakan hukum bikinan kita sendiri. Ini lebih sesuai dengan kultur dan budaya.” Kira-kira, manusia dengan Allah pinter siapa? Ungkapan tadi—seandainyaada—seakan-akan lebih pinter manusia...
Seolah-olah ketika Nabi menyampaikan al-Qur’an dan Sunnah, keadaan Makah dan Madinah itu semuanya (beragama) Islam. Padahal di Madinah ada Yahudi, di Najran ada Nasrani, di Aqsha ada orang Majusi, di Makah juga ada para penyembah berhala. Mereka juga menyatakan bahwa “Indonesia kan terdiri dari beberapa suku.” Seolah-olah pada zaman Nabi tidak terdiri dari berbagai suku. Padahal di sana juga ada suku Quraisy, Kinanah, Mudhar, Thaif, Bani Tamim dll. Sehingga, sebenarnya tidak ada bedanya, dan tidak ada sesuatu yang baru. Kalau di sini ada banyak suku, di sana juga demikian. Dengan demikian, orang beriman dimana pun berada akan berhukum pada al- Qur’an dan Sunnah,. Sedangkan orang munafik, berhukum pada thaghut Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu ? mereka hendak berhakim kepada thaghut. Padahal mereka telah diperintah mengingkari Thaghut itu. dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya. (An-Nisa: 60)
Kelima, orang munafiq adalah yang terdepan di dalam menghalangi pelaksanaan syari’at Allah. Sebagai dalilnya, yang saking jelasnya, tidak membutuhkan tafsir, karena sudah sangat jelas. Kalau sesuatu yang sudah sangat jelas, adanya “penafsiran” malah bisa membuat sesuatu itu kabur (tidak jelas). Misalnya ada pertanyaan, “minum itu apa?” hal itu kan tidak perlu lagi dijelas-jelaskan. Atau, anak kita bertanya, “Pak kenapa sih saya dikawinkan, saya kan masih senang sendirian saja?” padahal usianya sudah 26-an tahun. Apa sih Pak kawin itu. Soal perkawinan ini memang tidak untuk dibicarakan, tetapi untuk diamalkan. Sehingga, sesuatu yang sudah jelas, tidak perlu lagi “dijelasjelaskan”, begitu juga dengan ayat ini. Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul", niscaya kamu Lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu. (An- Nisa: 61)
Nah, inilah beberapa sifat munafiq—tentu saja hanya sebagian kecilnya—yang bisa kita sampaikan pada pengajian kali ini. Tema ini (munafik, peny.) bisa menjadi buku yang tidak kurang dari sekitar 1400 halaman. Judulnya bisa an-Nifaq wal-Munafiqun, begitu dalam buku al-Hayat fil-Qur’an (kehidupan dalam al-Qur’an), yang diantaranya membahas tema kehidupan orang-orang munafiq, yang saya tulis dalam 3 jilid, sekitar 1200 halaman. Begitu juga dalam beberapa buku lain.
Dengan demikian, dalam kehidupan bermasyarakat, jangan sampai ada orang munafiq, yang memimpin kita, atau jangan sampai mereka menjadi orang yang terdepan.Karena bisa membahayakan. Kita pun kalau menjadi pemimpin—paling tidak menjadi pemimpin dalam rumah tangga—jangan sampai menjadi orang munafiq. Karena, dimana pun di dunia ini, apa pun agamanya, tidak ada seorang pun orang yang mau ditipu,
dibohongi dan dikhiyanati, siapapun dia. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nifaq itu adalah “penyakit hati dan penyakit sosial” (yang menjadi musuh seluruh umat manusia). Dengan demikian, tema ini sangat urgen, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan rumah tangga, dalam berpartai, dalam pemerintahan, dalam berbangsa dan juga bernegara. Wallahu ‘alam
وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آل وصحبه أجمعين. {سبحان ربك رب
العزّة عما يصفون، وسلام على المرسلين. والحمد لله رب العالمين}
والله أعلم بالصواب وإليه المرجع والمآب وصلى الله على سيدنا محمد وعلى
آله وصحبه وسلم تسليما آثيرا دائما أبدا، وحسبنا الله ونعم الوآيل، ولا حول
ولا قوة إلا بالله العلي العظيم.
Semoga Bermanfaat.
Di kutip dan di tulis oleh ustadz Isur Suryadi, (Imam Rawatib , Masjid Al Ittihad, Bukit Permai, Cibubur, Jakarta Timur) dari rekaman ceramah bulanan tiap Ahad minggu

pertama oleh KH. DR Ahzami Samiun Jazuli MA, Jazakumllah khairan katsiran.
Salam,
Achmad Muzammil
26 Rajab 1428 H / 10 Agustus 2007

Monday 3 February 2014

Petani Temanggung, Air dan Al Qur'an

Pada dasarnya permasalahan air dalam pertanian temanggung adalah merupakan masalah paling utama. Kalau kita melihat realitas di lereng gunung sumbing bagian atas khususnya kecamatan Tlogomulyo bulu dan tembarak. Petani Di sana adalah kebanyakan petani gurem yang memiliki lahan yang tidak luas dengan lahan tegalan tadah hujan. Sudah menjadi langganan bahwa setiap musim kering maka tanaman yang bisa ditanam hanyalah tembakau. sehingga pembeli tembakau yang sangat diuntungkan oleh keadaan ini sehingga mereka mampu memonopoli harga tembakau. Walaupun ada beberapa pembeli tembakau yang membeli tembakau rajangan sebagai pengepul besarnya, tetapi pada prakteknya tetap petani selalu kalah dengan jumlah pembeli yang sedikit ini. Petanipun yang hanya bisa menanam tembakau harus pasrah menerima berapapun harga yang nantinya dikeluarkan pembeli karena hanya panen itulah yang dimiliki dan menjadi andalan. Peran pemerintah dan Asosiasi petanipun seakan-akan tidak begitu berpengaruh dalam penentuan harga tembakau ini. Seandainya petani bisa melakuakan tumpangsari dalam penanaman pada musim kering , tentu harga tembakau yang burukpun tidak begitu berpengaruh (misalnya seperti petani di daerah wonosobo). Beberapa tahun yang lalu saya berdiskusi dengan beberapa pemuda di daerah saya ini, saat itu kami merencanakan beberapa hal untuk berpikir tentang pengairan ini, tapi hampir semua pemikiran kami saat itu belum ada yang berjalan.
Mungkin sebagai awalan dari hal itu marilah kita melihat apa yang dikatakan Al Qur'an dulu tentang siklus air ini, mungkin dengan kembali kepada jalan yang diturunkan oleh Allah ini kita akan menemukan jalan awal kita melangkah tentang masalah ini.
Al-Qur’an telah menyebutkan proses siklus air, dan juga bagaimana terjadinya dengan sangat detail. Penyebutan itu pun sesuai dengan ilmu pengetahuan modern. Pada saat ayat-ayat ini turun, mayoritas orang masih berkeyakinan bahwa yang menurunkannya adalah dewa hujan.
Peran Penting Matahari
Allah swt. berfirman:
وَجَعَلْنَا سِرَاجًا وَهَّاجًا
“Dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari).” [An-Naba’: 13].
Cahaya dan panas matahari bertanggung-jawab dalam menguapkan air ke udara, dan membentuk angin.
Peran Angin
Allah swt. berfirman:
وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً
“Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuhan, awan) dan Kami turunkan hujan dari langit.” [Al-Hijr: 22].
Angin yang menggiring awan, mengawinkan ion-ion dalam awan sehingga bisa turun hujan.
Pembentukan Awan
Allah swt. berfirman:
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ
“Tidakkah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian) nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung… maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya.  Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.” [An-Nur: 43].
Cadangan Air Tanah
Allah swt. berfirman:
فَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنْتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ
“Dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.” [Al-Hijr: 22].
Air tersimpan dalam bumi ratusan tahun, tapi tidak rusak. Berbeda dengan kalau kita yang menyimpannya.
Distribusi Air
Allah swt. berfirman:
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَسَلَكَهُ يَنَابِيعَ فِي الْأَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهِ زَرْعًا مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَجْعَلُهُ حُطَامًا إِنَّ فِي ذَلِكَ لَذِكْرَى لِأُولِي الْأَلْبَابِ
“Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya… lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” [Az-Zumar: 21].
Setelah turun, air tidak hilang begitu saja. Tapi diserap bumi, lalu keluar dalam bentuk mata air. Dedaunan tidak selamanya hijau, air yang dikandungnya harus kembali mengalami siklus. Daun yang kering itu setelah proses ribuan tahun akan berubah menjadi minyak.
Peran Penting Sungai
Allah swt. berfirman:
وَهُوَ الَّذِي مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هَذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَهَذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَحِجْرًا مَحْجُورًا
“Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” [Al-Furqan: 53].
Sungai yang mensuplai air laut, sumber air terbesar yang diuapkan ke udara. Tanpa adanya sungai, laut pun akan kering, dan tidak akan ada uap air yang terbang ke udara. Dari lautlah air akan diuapkan.
Peran Gunung
Allah swt. berfirman:
وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا
Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air yang tawar?”[ Al-Mursalat: 77].
Gunung berperan dalam pembentukan awan, sehingga daerah pengunungan adalah daerah yang paling sering disirami hujan. Selain itu, gunung berfungsi dalam menyimpan dan mendistribusikan air.
Hukum Alam yang Akurat
Allah swt. berfirman:
وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الْأَرْضِ وَإِنَّا عَلَى ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ
 “Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.” [Al-Mu’minun: 18].
Kata (بقدر) menunjukkan sistem dan akurasi. Semua proses turunnya hujan itu terjadi dengan teori yang sangat akurat. Ada sedikit ketimpangan, akan berpengaruh kepada bencana. Tidak ada istilah curah hujan yang yang terlalu besar. Karena ayat di atas menyebutkan bahwa air yang diturunkan hujan sama dengan air yang diuapkan ke langit. Tidak ada istilah berlebihan, karena semua sudah diukur oleh Allah swt.

Ini adalah awal sebuah pemikiran saya harap ada ide-ide lain yang bermunculan, terutama dari kaum muda petani Temanggung.

Monday 2 December 2013

Hari Jum’at




Jum’at secara bahasa bermakna satu pokok yang menunjukkan berkumpulnya sesuatu. Dan disebut hari jum’at karena orang-orang yang jumlahnya banyak berkumpul pada hari itu. (al Nihayah: 1/297)
Sedangkan secara istilah, Jum’at adalah nama dari salah satu hari dalam sepekan, yang pada hari itu dikerjakan shalat khusus, yaitu shalat Jum’at. Dan dikatakan shalat khusus karena pelaksanaannya berbeda dengan shalat liwa waktu, khususnya shalat dzuhur. Pada shalat Jum’at bacaannya jahr, jumlah rakaatnya hanya dua, diawali dengan khutbah, dan memiliki beberapa keistimwaan pahala.
Hari Jum’at pada masa jahiliyah dikenal dengan nama
الْعَرُوبَة
(al ‘arubah), karena mereka mengagungkannya. Orang pertama yang menyebut al-’Arubah adalah Ka’ab bin Lua-i. Pada hari itu, orang-orang Quraisy biasa berkumpul padanya lalu dia menyampaikan ceramah seraya memberikan nasihat dan memerintahkan mereka untuk mengagungkan tanah haram. Dia juga mengabarkan kepada mereka dari sana akan ada Nabi yang diutus. Dan ketika sudah diutus kelak, dia memerintahkan kepada kaumnya untuk taat dan beriman kepadanya.
Dari sini semakin jelaslah bahwa hari Jum’at belum masyhur pada masa jahiliyah. Maka tepatlah yang diungkapkan oleh Ibnu Hazm rahimahullah, “bahwa jum’at adalah nama Islami yang tidak dikenal pada masa jahiliyah. Pada masa itu, hari Jum’at dinamakan dengan al-’arubah.” (Fathul Baari: 3/275 dari Maktabah Syamilah)
Tentang sebab dinamakan hari tersebut dengan Jum’at, banyak pendapat yang memberikan alasan, di antaranya:
* Karena berkumpulnya banyak orang pada hari itu.
* Karena Adam dan Hawa berkumpul pada hari itu.
* Karena di dalamnya berkumpul berbagai kebaikan.
* Karena pada hari itu kesempurnaan makhluk dikumpulkan.
* Karena manusia berkumpul pada hari itu untuk shalat.
* Karena penciptaan Adam dikumpulkan pada hari itu.
Menurut Ibnu Hajar, pendapat yang paling benar tentang sebab dinamakannya hari jum’at adalah pendapat terakhir, karena penciptaan Adam dikumpulkan pada hari itu. Dengan ini maka hikmah dipilihkannya hari Jum’at untuk umat Muhammad karena pada hari itu terjadinya penciptaan Adam. Dan manusia diciptakan hanya untuk ibadah, maka layaklah kalau pada hari itu dia hanya sibuk dengan ibadah. Dan juga karena Allah Ta’ala menyempurnakan penciptaan makhluk-makhluk pada hari itu dan menciptakan manusia pada hari itu juga sehingga bisa memanfaatkannya. Maka tepatlah, kalau pada hari itu mereka menggunakannya untuk bersyukur kepada Allah dengan beribadah kepada-Nya.

Keutamaan Hari Jum’at
1. Hari paling utama di dunia
Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at ini, antara lain:
  • Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:
“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)
2. Hari bagi kaum muslimin
Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umt Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a.
Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)
3. Hari yang paling mulia dan merupakan penghulu dari hari-hari
Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)
4. Waktu yang mustajab untuk berdo’a
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)
Namun mengenai penentuan waktu, para ulama berselisih pendapat. Diantara pendapat-pendapat tersebut ada 2 pendapat yang paling kuat:
a. Waktu itu dimulai dari duduknya imam sampai pelaksanaan shalat jum’at
Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata padanya, “Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah sehubungan dengan waktu ijaabah pada hari jum’at?” Lalu Abu Burdah mengatakan, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.’” (HR. Muslim)
Imam Nawawi rahimahullah menguatkan pendapat di atas. Sedangkan Imam As-Suyuthi rahimahullah menentukan waktu yang dimaksud adalah ketika shalat didirikan.
b. Batas akhir dari waktu tersebut hingga setelah ‘ashar
Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud)
Dan yang menguatkan pendapat kedua ini adalah Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, beliau mengatakn bahwa, “Ini adalah pendapat yang dipegang oleh kebanyakan generasi salaf dan banyak sekali hadits-hadits mengenainya.”
5. Dosa-dosanya diampuni antara jum’at tersebut dengan jum’at sebelumnya
Dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)
Amalan-Amalan yang Disyari’atkan pada Hari Jum’at
1. Memperbanyak shalawat
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)
2. Membaca surat Al Kahfi
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)
3. Memperbanyak do’a (HR Abu Daud.)
4. Amalan-amalan shalat jum’at (wajib bagi laki-laki)
  • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
  • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
  • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.
Setelah mengetahui hal-hal di atas semoga kita bisa mendapat manfaat yang lebih besar dengan menambah amalan-amalan ibadah yang disyari’atkan. Sungguh begitu banyak jalan agar kita bisa meraup pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal perjalanan kita di akhirat kelak

Penentuan Awal Ramadahan

Assalamu'alaikum ijin bertanya ketika memasuki bulan Ramadhan seringkali terjadi perbedaan penentuan Awal Ramadhan. Bagaiman...