Wednesday 13 February 2013

Sabar


Sabar.
Imam Ahmad meriwayatkan sebuah atsar dari ‘Umar ibnul Khatab ra. Yang telah mengatakan,” Kami jumpai sebaik-baik penghidupan kemi berada dalm kesabaran,” Sungguh mulia sifat sabar,Yaitu: Sabar terhadap perintah Allah, sabar menjauhi larangan Allah juga sabar dalam menerima takdir.
Orang sering mengira bahwa sabar adalah sebuah keharusan ketika menghadapi takdir saja, padahal sabar itu lebih luas, Sabar adalah obat penawar bagi cobaan dimana kita hidaup dalam berbagai macam cobaan. Sabar adalah pilihan dan jika anda memilih kesabaran maka beruntunglah Anda.
Allah SWT. berfirman:
‘Hai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (diperbatasan negerimu)dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.”(QS: Ali Imran:200).
Sabar adalah menahan diri dari apa yang dibencinya dengan ridha dan rela. Seorang muslim menahan diri dari berbuat maksiat yang menggiurkan,melaksanakan keta’atan meskipun terasa berat, ia menahan diri dari cobaan yang menimpanya tanpa berkeluh kesah terhadap takdir menunjukkan ketidak ridhaannya sedang sikpanya yangtidak ridha terhadap takdir Allah berarti mengecam Allah SWT. Sabar menjanjikan pahala sedangkan ketidakabaran menjanjikan dosa.
Sabar adalah sesuatu yang sangat berat yang bisa didapat dengan melatih diri dengan sebenar-benarnya. Allah ta’la menjanjikan keberuntungan yang banyak, salah satunya tergambar dalam firman Allah SWT:
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiapsiaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertaqwalah kepaa Allah supaya kalian beruntung(Ali Imran:200)
“sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”(AZ Zumar:10)
Juga dalam sabda Rasulullah SAW:
“Luar biasa urusan orang mukmin, sesungguhnya semua urusan itu baik, dan itu semua tidak dimiliki kecuali oleh orang mukmin. Jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur dan itu sangat baik baginya. Jika ia ditimpa cobaan, ia bersabar dan itu sangat baik baik baginya.” (HR Bukhory)
“ Sesungguhnya besarnya pahala itu ssuai dengan besarnya ujian. Jika Allah mencintai suatu kaum, Dia menguji mereka. Maka barang siapa ridha maka ia mendapatkan keridhaan dan barang siapa murka maka ia mendapatkan kemurkaan (HR: tirmidzi, Ibnu Majah)
Begitu mulianya sabar, Sungguh mulia orang muslim yang bertahan dari siksa ketika memegang agama Allah mereka tetap bersabar dengan cobaan dan mencari keridhaan-Nya. Sahabat Khatab bin Al-Arat ra bercerita:
“Kami mengadu kepada rasulullah SAW. Yang ketika itu barsandar dikain di bawah ka’bah dan kami berkata,” kenapa engkau tidak meminta pertolongan untuk kita?’ Rosulullah SAW kemudian kemudian bersabda, “Sungguh salah seorang sebelum kalian ditangkap, dibuatkan galian, ia dimasukkan kedalmnya, gergaji didatngkan kepadanya, kemudian deletakkan di kepalanya hingga kepalanya terbelah menjadi dua, dan ia disisir dengan sisir dari besi yang menyisir dagingnya dan tulangnya, namun hal tersebut tidak memalingkan dari agama Allah.”(HR: Bukhari).
Bersabarlah orang muslim, harapkan ridha Allah ta’ala, bertahan, tidak mengeluh, tidak membalas keburukan dengan keburukan yang sama namun membalas kejahatan dengan kebaikan, dan maafkanlah:
“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan” (Asy-Ssyura:43)
Mari kita simak senuah nasehat indah dari imam Ibnul jauzi,’ Saya senantiasa menunggu pahala yang baik dari Allah atas pekerjaan saya. Saya biarkan semuanya berjalan sesuai dengan kehendak-Nya. Saya berharap kesabaran ini berbuah ganjaran hingga saya dapat merasakan kedalamannya. Saya sadar bahwa pahala kesabaran sering Allah percepat namun sering pula Dia tunda. Andai dia mempercepatnya, saya tidak akan pernah ragu akan pahala yang akan saya peroleh. Sesungguhnya manusia yang akan meninggalkan sesuatu karena Allah, Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik.”

No comments:

Post a Comment

Penentuan Awal Ramadahan

Assalamu'alaikum ijin bertanya ketika memasuki bulan Ramadhan seringkali terjadi perbedaan penentuan Awal Ramadhan. Bagaiman...