Thursday 20 August 2015

Tak Bersyukur

Syukur Nikmat Orang Saleh
Dulu pernah ada kejadian lucu di pikatan yang di ceritakan ms Rahman Wahyu Hindarto:
suatu malam ada seorang pencuri datang ke sebuah warung kopi, dia memakai sepeda onthel yang saat itu merupakan kendaraan yang lumayan berharga.
pencuri itu masuk warung kemudian memesan mie godog sembari mencari kesempatan untuk mencuri di warung itu. setelah habis mie godog satu porsi, tak kunjng lengah juga bapak tua penjual kopi, akhirnya dia memesan 1 porsi lagi. ketika memakan mie godog kedua, ada kesempatan untukmencuri, akhirnya sang maling mengambil min kompo milik warung dan langsung lari menggunakan sepeda onthel. mengetahui hal itu sang pedagang berteriak mintaneriaki pencuri dan akhirnya warga kampung mengejar sang pencuri. d
sesampai di jembatan sroyo sang pencuri tidak kuat menngenjot sepeda onthelnya karena ada tanjakan yang lumayan tinggi, melihat warga yang mengejar semakin dekat akhirnya sepeda onthel maling di tinggal karena sangking takutnya kemudian berlari membawa mini compo.
sang pedagang dan warga yang mengejar sampai di jembatan. sang pedagang melihat sepeda pencuri yang di tinggal di jalan. melihat hal itu sang pedagang langsung mengambil sepeda onthel maling kemudian berkata kepada warga, sudah tak usah di kejar malingnya,sepeda ini jauh lebih mahal dari mini compo saya. he he he.
sang maling yang masih terlihat di atas tanjakan tampak kecewa melihat sepedanya di bawah diambil warga.
ketika mas rahman menceritakan hal itu, saya tertawa sampai sakit perut. tapi ternyata kadang kita juga melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan sang maling. tergiur melihat harta orang lain dan melupakan nikmat yang Allah berikan kepada kita.
Allahberfirman “Jika kamu bersyukur pasti akan Kutambah (nikmat-Ku) untukmu, dan bila kamu kufur, maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS. Ibrahim : 7).
lalu bagaimanakah seharusnya kita mensyukuri nikmat yang Allah berikan sehingga Allah menambah nikmatnya kepada kita?
Allah mencintai orang-orang yang bersyukur. Hamba yang bersyukur merupakan hamba yang dicintai oleh Allah Ta’ala . Seorang hamba dapat dikatakan bersyukur apabila memenuhi tiga hal:
Pertama ,
Hatinya mengakui dan meyakini bahwa segala nikmat yang diperoleh itu berasal dari Allah
Ta’ala semata, sebagaimana firman Allah
Ta’ala :
ﻭَﻣَﺎ ﺑِﻜُﻢْ ﻣِﻦْ ﻧِﻌْﻤَﺔٍ ﻓَﻤِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)”. (Qs. An Nahl: 53)
Orang yang menisbatkan bahwa nikmat yang ia peroleh berasal dari Allah Ta’ala , ia adalah hamba yang bersyukur. Selain mengakui dan meyakini bahwa nikmat-nikmat itu berasal dari Allah Ta’ala hendaklah ia mencintai nikmat-nikmat yang ia peroleh.
Kedua,
Lisannya senantiasa mengucapkan kalimat
Thayyibbah sebagai bentuk pujian terhadap Allah Ta’ala
Hamba yang bersyukur kepada Allah Ta’ala ialah hamba yang bersyukur dengan lisannya. Allah sangat senang apabila dipuji oleh hamba-Nya. Allah cinta kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa memuji Allah
Ta’ala .
ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺑِﻨِﻌْﻤَﺔِ ﺭَﺑِّﻚَ ﻓَﺤَﺪِّﺙْ
“Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)”. (Qs. Adh Dhuha: 11)
Seorang hamba yang setelah makan mengucapkan rasa syukurnya dengan berdoa, maka ia telah bersyukur. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, dari Mu’adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ﻣَﻦْ ﺃَﻛَﻞَ ﻃَﻌَﺎﻣًﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺃَﻃْﻌَﻤَﻨِﻰ ﻫَﺬَﺍ ﻭَﺭَﺯَﻗَﻨِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺣَﻮْﻝٍ ﻣِﻨِّﻰ ﻭَﻻَ ﻗُﻮَّﺓٍ . ﻏُﻔِﺮَ ﻟَﻪُ ﻣَﺎ ﺗَﻘَﺪَّﻡَ ﻣِﻦْ ﺫَﻧْﺒِﻪِ
“Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Tirmidzi no. 3458. Tirmidzi berkata, hadits ini adalah hadits hasan gharib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).
Terdapat pula dalam hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻟَﻴَﺮْﺿَﻰ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪِ ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﻛُﻞَ ﺍﻷَﻛْﻠَﺔَ ﻓَﻴَﺤْﻤَﺪَﻩُ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﻳَﺸْﺮَﺏَ ﺍﻟﺸَّﺮْﺑَﺔَ ﻓَﻴَﺤْﻤَﺪَﻩُ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ
“Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum” (HR. Muslim no. 2734).
Bahkan ketika tertimpa musibah atau melihat sesuatu yang tidak menyenangkan, maka sebaiknya tetaplah kita memuji Allah.
ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﻗَﺎﻟَﺖْ ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻯ ﻣَﺎ ﻳُﺤِﺐُّ
ﻗَﺎﻝَ « ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺑِﻨِﻌْﻤَﺘِﻪِ ﺗَﺘِﻢُّ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕُ » . ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻯ ﻣَﺎ ﻳَﻜْﺮَﻩُ ﻗَﺎﻝَ « ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺣَﺎﻝٍ ».
Dari Aisyah, kebiasaan Rasulullah jika menyaksikan hal-hal yang beliau sukai adalah mengucapkan “Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat” . Sedangkan jika beliau menyaksikan hal-hal yang tidak menyenangkan beliau mengucapkan “Alhamdulillah ‘ala kulli hal. ” (HR Ibnu Majah no 3803 dinilai hasan oleh al Albani)
Ketiga,
Menggunakan nikmat-nikmat Allah Ta’ala untuk beramal shalih
Sesungguhnya orang yang bersyukur kepada Allah Ta’ala akan menggunakan nikmat Allah untuk beramal shalih, tidak digunakan untuk bermaksiat kepada Allah. Ia gunakan matanya untuk melihat hal yang baik, lisannya tidak untuk berkata kecuali yang baik, dan anggota badannya ia gunakan untuk beribadah kepada Allah Ta’ala .
Ketiga hal tersebut adalah kategori seorang hamba yang bersyukur yakni bersyukur dengan hati, lisan dan anggota badannya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah rahimahullah, “Syukur (yang sebenarnya) adalah dengan hati, lisan dan anggota badan. ( Minhajul Qosidin, hal. 305). Syukur dari hati dalam bentuk rasa cinta dan taubat yang disertai ketaatan. Adapun di lisan, syukur itu akan tampak dalam bentuk pujian dan sanjungan. Dan syukur juga akan muncul dalam bentuk ketaatan dan pengabdian oleh segenap anggota badan.” (Al Fawa’id, hal. 124-125)
Wallahu A'lam...

No comments:

Post a Comment

Penentuan Awal Ramadahan

Assalamu'alaikum ijin bertanya ketika memasuki bulan Ramadhan seringkali terjadi perbedaan penentuan Awal Ramadhan. Bagaiman...